Layanan

Melalui tiga instrument yang saat ini dimiliki yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, LPKBI berusaha untuk memberi sentuhan tambahan dalam sistem pengajaran di UIN Sunan Ampel yang bertujuan agar lulusan selain menguasai ilmu ilmu keislaman atau Islamic Studies namun juga memiliki semangat entreprenurial. Disisilain untuk memiliki sistem pengajaran yang memadai juga harus ditunjang dengan kemampuan riset yang mumpuni. Untuk itu LPKBI juga berusaha untuk menjadi salah satu Centre of Islamic entrepreneurship research in Indonesia termasuk didalamnya bisa memiliki pusat pengembangan usaha yang bisa diakses dan dimanfaatkan tidak hanya oleh mahasiswa namun juga oleh masyarakat umum.

Untuk memenuhi misi itu makan diciptakan  Integrated strategy resources yang berbasis ”Asking”, ”Trying” dan ”Doing” dimana inti dari strategi ini adalah “Learn lesson from others“.

Dengan keterbatasan yang dimiliki saat ini, LPKBI sebagai centre of Excelence memfocuskan pada empat hal untuk program satu tahun pertama.

Pertama tama membangun semangat entrepreneurship melalui kompetisi. Sementara ini kompetisi yang dilakukan adalah Kontest Kreativitas dan Design Usaha Antar Jurusan dan Program Study se UIN Sunan Ampel yang diselenggarakan pada setiap moment wisuda di UIN  Sunan Ampel.

Kedua, dengan mencoba membangun data base penelitian berbasis kewirausahaan, Hal pertama yang dilakukan adalah dengan meyelenggarakan workshop methodologi penelitian kewirausahaan bagi mahasiswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong mahasiswa S1 dari berbagai disiplin ilmu untuk melakukan penelitian kewirausahaan dalam Islamic perspective. Selain itu tidak menutup kemungkin juga untuk dilakukan penelitian pada jenjang S2 atau S3.

 

Ketiga, Peningkatan Kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia. Usaha pertama yang dilakukan adalah dengan mengadakan workshop up grade kemampuan dan pengetahuan terkait pengembangan kewirausahaan secara rutin. Kedua adalah dengam mencoba mengakses program program pelatihan dalam dan luar negeri dan menawarkan kepada Sumber daya manusia di UIN Sunan Ampel agar bisa mengakses dan mengikuti program tersebut.

Keempat, Melakukan Usaha sederhana yang bisa dijadikan sumber pembiayaan organisasi.  Usaha sederhana yang dimaksud sementara ini kami memberikan jasa layanan  sebagai berikut: 
                                                                                                                                                                                                    1. Konsultasi Usaha
                                                                                                                                                                                                    2. Konsultasi Riset, Penelitian dan Penulisan
                                                                                                                                                                                                    3. Konsinyasi Usaha 

Comments