Kuliah On-Line

Dasar Pemikiran
Modul perkuliahan online ini telah dikembangkan untuk memberikan pemahaman tentang  kewirausahaan. Yang mana pemahaman ini akan membantu peserta didik untuk bisa menelaah, mengamati, meneliti serta mengambil keputusan yang terkait dengan isue pengembangan kewirausahaan. Modul ini mengadopsi perspektif yang luas yang mendefinisikan kewirausahaan sebagai proses asosial yang melibatkan upaya individu dalam inovasi yang memiliki implikasi sosial ekonomi di, nasional, regional dan global. 

Aims
Modul ini bertujuan untuk mengembangkan pola pikir peserta didik untuk bisa lebih berperan lebih aktif  sebagai agen perubahan sosial, ekonomi dan teknologi. Kegiatan ini dirancang bagi mereka yang beringinan untuk secara langsung kegiatan kegiatan yang mengembangkan kreatifitas dan Innovasi dalam rangka memunculkan usaha baru yang didasarkan pada ide-ide inovatif yang secara signifikan mengubah status quo. 

Objectives 
Setelah menyelesaikan modul, peserta akan dapat menganalisis beberapa dasar prinsip-prinsip di balik bagaimana pengusaha dapat mempengaruhi dan mengubah dinamika pasar dam ketepatan dalam pengambilan keputusan usaha
Sertfikat Penyelesaian/Kelulusan
Perkuliahan ini adalah perkuliahan non SKS yang diselengarakan secara Online yang setiap pesertanya berhak atas sertifikat kelulusan atas matakuliah yang diikuti
Peserta dapat menerima sertifikat penyelesaian jika mereka berpartisipasi aktif dalam empat topik dari lima topik yang disajikan dalam setiap matakuliah. 

Untuk itu Peserta harus: 
1. Memposting respon singkat ke pertanyaan  yang dimunculkan oleh Mentor dalam diskusi minguan. (Respon singkat adalah berbentuk essay Max 300 kata.) 
2. Merespon, mengkritik dan mendebat dari postingan peserta lainnya 

Netiquette

Harap perhatikan aturan berikut saat aktif di forum diskusi. 
* Jaga pesan dan respon yang dikirim relevan dengan topik diskusi yang dijadwalkan.
* Pesan dan Respon Singkat Jelas dan Padat.
*  Gunakan kata kata Kunci yang membantu peserta lain untuk menentukan apakah mereka perlu untuk membaca pesan atau respon yang dikirim
* Hindari penggunaan huruf kapital  yang berlebihan. Penggunaan Huruf kapital dapar dianggap BERTERIAK pada forum diskusi. 
* Hati-hati saat menggunakan humor dan sarkasme, karena mereka mudah  disalahartikan dalam lingkungan online. 
* Gunakan emoticon, di moderasi, untuk menyampaikan perasaan. Emoticon umum  termasuk :-) untuk senang, bahagia dan :-( untuk sedih. 
* Pesan sembrono, menghina, kasar, memfitnah atau menyampaikan informasi palsu dilarang untuk dikirim.



Jenis Matakuliah yang ditawarkan
adapun jenis perkuliahan ini  memiliki beberapa matakuliah





Panduan Berdiskusi

Siswa diminta untuk berkontribusi secara reguler dalam Forum Diskusi ( dalam menanggapi pertanyaan atau merespon pertanyaan yang dikaitkan dengan bahan bacaan yang diberikan) .

Kontribusi reguler yang dimaksud adalah suatu respon (300 kata) terhadap kasus yang dimunculkan dimana  tulisan tersebut tidak copy paste atau menyitir sumber lain dan  setidaknya membuat satu respon terhadap kontribusi lain siswa.

Kontribusi yang dimaksud adalah  sebagai suatu  pemikiran reflektif terkait dengan pertanyaan stimulus atau bacaan kunci yang diberikan yang dibingkai sebagai sebuah paragraf pendek dari 50-200 kata . 
Respon yang dimaksud adalah  respon reflektif pada kontribusi  siswa lain yang dibingkai dalam cara yang sama .
        *Kontribusi dan respon aktif sebagaimana model yang dianjurkan akan  membantu dan mendukung diskusi Anda dengan literatur yang terarah, sehingga akan mengarah ke diskusi yang jauh lebih kaya dan bisa memberi pemahaman lebih.  
        *Bahan bacaan akan disediakan sebagai bentuk bahan awal diskusi.
        *Dianjurkan untuk menyampaikan pengalaman dan kejadian yang dialami dalam kehidupan sehari hari dengan tidak menyebutkan nama atau jabatan apabila menyebutkan suatu study kasus
        *Siswa diharapkan untuk berpartisipasi secara terus-menerus selama periode waktu dimana diskusi sedang berjalan dan tidak membuat  kontribusi pada batas akhir masa diskusi atau awal diskusi untuk memungkinkan adanya transfer pengetahuan antar siswa.
        *Forum diskusi dibatasi oleh waktu dan peserta diharapkan tepat waktu.
Moderator/ Pengajar memiliki kebijaksanaan untuk tidak menghitung posting -an yang terlambat untuk keperluan sertifikat kecuali ada pemberitahuan terlebih dahulu atau ada alasan yang sah ( misalnya penyakit serius, kesulitan / trauma , kehilangan atau kematian )