About IDB

Tentang IDB



Pendirian

Islamic Development Bank ialah institusi finansial internasional yang didirikan berdasarkan Deklarasi Tujuan yang dihasilkan dalam Konferensi Menteri Keuangan Negara-negara Muslim yang diadakan di Jeddah pada Bulan Dzulqo’dah 1393 H (Desember 1973). Pengukuhan Dewan Gubernur dilaksanakan pada Bulan Rajab 1395 H (Juli 1975), dan IDB secara resmi dibuka pada Tanggal 15 Syawal 1395 H (20 Oktober 1975).

 

Tujuan

Tujuan dari IDB ialah untuk membantu perkembangan ekonomi dan kemajuan sosial negara-negara anggotanya serta komunitas muslim secara individu atau bersama-sama sesuai dengan prinsip Syari’ah (Hukum Islam).

 

Fungsi

Fungsi IDB ialah untuk berpartisipasi dalam permodalan dan memberikan pinjaman untuk proyek-proyek produktif dan perusahaan selain memberikan bantuan finansial kepada negara-negara anggota dalam bentuk yang lain untuk perkembangan finansial dan sosial. IDB juga diwajibkan untuk membentuk dan mengoperasikan pembiayaan khusus untuk tujuan khusus termasuk pembiayaan untuk membantu komunitas muslim di negara-negara bukan anggota, begitu juga membentuk dana perwalian. IDB diberi kuasa untuk menerima simpanan dan menyalurkan sumber finansial melalui cara-cara yang sesuai dengan syari’ah. IDB juga dibebani dengan tanggung jawab mambantu mempromosikan perdagangan asing, khususnya dalam hal barang modal pada negara-negara anggota; memberikan bantuan teknis pada negara-negara anggota; dan meningkatkan fasilitas pelatihan untuk personil-personil yang terlibat dalam aktifitas pembangunan di negara-negara muslim agar sesuai dengan syariah.

 

Keanggotaan

Keanggotaan IDB saat ini terdiri atas 56 negara. Syarat dasar keanggotaan ialah calon negara anggota merupakan anggota dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI), membayar kontribusinya pada modal IDB dan sanggup menerima syarat dan kondisi yang ditetapkan Dewan Gubernur IDB.

Comments